Rabu, 23 Januari 2013

Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle (Tafaddal) Menang di Bone

Watampone-Intelijen (22 Januari 2013). Pasangan nomor urut 4, Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle (Tafaddal) menang dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Bone yang digelar bersamaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, Selasa, 22 Januari 2013
Kemenangan Tafaddal ini berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) yang diadakan Citra Public Indonesia (CPI) yang juga merupakan grup dari PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Tafaddal unggul dari 5 kandidat lainnya.

Hasil hitung cepat CPI-LSI, mengunggulkan Tafaddal dengan perolehan suara 47,07 persen. Posisi kedua yang ditempati calon nomor 2, A Irsan-Yuslim (ACCmi) hanya berhasil mengumpulkan perolehan suara sebesar 23,43 persen.
Berikutnya di posisi ketiga milik nomor 3, Andi Taufan Tiro-Andi Promal Pawi (ATT-Pro Rakyat) dengan suara 12,72 dan posisi 4 ditempati pasangan nomor 6, A Mangunsidi- Sumardi Sulaiman (Tomasse’di) yang meraih suara 10 persen.
Pasangan nomor 1, Andi Mustaman-Andi Sultan Pawi (Mantap) berada di peringkat lima, dengan jumlah suara 4,33 persen. Sedangkan juru kunci buat pasangan A Mappamadeng-A Said Pabokori (Ampera Siap) yang hanya memperoleh 2,45 persen suara.
Direktur CPI-LSI, Hanggoro Doso Pamungkas, mengatakan, hitung cepat ini memiliki margin of error lebih kurang 1 persen. Jadi, kemungkinan hasil resmi yang akan diumumkan KPUD tidak akan jauh berbeda dengan hasil hitung cepat yang dilaksanakan lembaganya.
Pantauan Cakrawala, sejak sore hingga malam, kediaman pribadi Fahsar di Jalan Makmur, Watampone, terus dibanjiri para pendukung dari sejumlah wilayah untuk memberikan ucapan selamat. Para pendukung Fahsar secara bergantian memberikan ucapan selamat. Bahkan, sejumlah tim terlihat ada yang sampai meneteskan air mata takkala mereka berjabat tangan dengan bupati terpilih versi hitung cepat ini.
“Sejak tadi waktu perhitungan cepat berlangsung para tim sudah berkumpul di kediaman Puang Baso (panggilan akrab A Fahsar). Tadi sore hingga malam ini juga berdatangan pendukung dari sejumlah wilayah, hingga membuat Jalan Makmur macet,” kata Andi Daddy, ajudan Fahsar.
Tidak hanya tim pemenangan dan relawan yang datang menjadi tamu, tapi rivalnya pun sudah ada yang berkunjung. “Bahkan,  calon Bupati Bone, Andi Taufan Tiro dan pasangannya Andi Promal Pawi juga datang memberikan selamat kepada Tafaddal,” ungkap Daddy.
Terpisah, Tim Media ACCmi, Subaer yang dihubungi mengatakan bahwa data Desk Pilkada masih ada sekitar 699 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum terdata suaranya. Sementara hasil hitung cepat versi LSI belumlah final karena hanya berupa sample.
“Kita tetap berkeyakinan bahwa akan ada peluang putaran kedua, karena suara yang belum terdata masih cukup besar. Hasil resminya pun kita masih tunggu dari KPU,” ujar Subaer.
Dia menambahkan bahwa tim ACCmi menemukan banyak kerancuan dalam pelaksanaan Pilbup Bone. Misalnya, ada sekitar 30.000 wajib pilih yang tidak mendapatkan surat panggilan serta perbedaan jumlah wajib pilih antara Pilgub dan Pilbup. “Tapi kita masih tunggu hasil KPU dulu baru kita melangkah lebih lanjut,” imbuhnya.  
Di posko pemenangan ACCmi, kemarin juga terlihat ramai. Sejumlah tim berkumpul di tempat itu untuk mengadakan pertemuan. Sepanjang jalan Gunung Jayawija dan jalan Lanto Dg Pasewang juga dipenuhi kendaraan tim ACCmi. Tampak juga beberapa kendaraan berpelat merah parkir di sekitar posko Accmi.

Tafaddal Janji Mekarkan Bone Selatan

Duet A Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle (Tafaddal) kembali menegaskan akan memekarkan Kabupaten Bone Selatan jika terpilih di Pilkada Bone 22 Januari 2013.
Di hadapan ribuan pendukungnya saat kampanye akbar perdana di Lapangan Sepakbola Palattae,Kecamatan Kahu, kemarin,Fahsar berjanji akan mengawal pemekaran Bone Selatan. Dia mengaku,saat Pilkada Bone 2008,dirinya yang pertama menyetujui pemekaran di antara beberapa calon bupati lainnya.Namun di pilkada lalu, Fahsar kalah dari incumbent Idris Galigo.  

“Bersama dengan orang Bone, mari kita memilih pemimpin yang memiliki pengalaman dan jangan memilih pemimpin karena coba-coba,karena akan merusak regenerasi Bone selanjutnya,” ujar Fahsar dalam orasi politiknya. Dalam kampanye akbar Tafaddal kemarin, dihadiri mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkuham) Andi Matalatta dan anggota DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi sebagai juru kampanye.  

Sementara Andi Matalatta dalam orasinya,mengimbau seluruh masyarakat Bone untuk memilih pemimpin yang tidak pernah terlibat proses hukum, pemimpin yang memiliki sekolah yang baik,dan pengalamannya mapan di bidang politik maupun pemerintahan. Selain Tafaddal, terdapat dua pasangan calon yang juga memanfaatkan masa kampanye dengan menggelar kampanye dialogis, yakni duet calon independen Andi Irsan Idris Galigo-Andi Yuslim Patawari (ACCmi) dan Andi Mappamadeng Dewang-A Said Pabokori (Ampera Siap).  

Namun dua pasangan itu hanya menggelar kampanye dialogis dan belum bisa menggelar kampanye akbar.Sebab,sesuai keputusan KPU Bone, kampanye akbar pada minggu (6/1) adalah milik pasangan Tafaddal. Sementara kandidat lain digelar selanjutnya sesuai kesekapatan jadwal.Hanya saja, pasangan calon yang belum atau sudah menggelar kampanye akbar, tetap bisa menggelar kampanye dialogis. Duet ACCmi kemarin menggelar kampanye dialogis di tiga titik di Bone Utara,yakni Desa Timurung dan Desa Pattiro di Kecamatan Dua Boccoe, serta di Desa Itterung Kecamatan Tellu Siattingnge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar